MGBK (MUSYAWARAH GURU BIMBINGAN KONSELING)

Sabtu, 29 September 2012

format Studi kasus BK

LAYANAN BIMBINGAN SISWA


A.    Alasan Memilih Klien
Alasan Penulis memilih klien dalam studi kasus ini adalah dikarenakan anak tersebut selelu menunujukkan gejala-gejala sebagai berikut:
a. ……………………………………………………………………………..
b. ……………………………………………………………………………..
c. ……………………………………………………………………………..
d. ……………………………………………………………………………..

B.     Data Siswa
1.      Identitas Siswa
Nama                                 : ………………………………….
Tetala                                : ………………………………….
Jenis Kelamin                    : ………………………………….
Umur                                 : ………………………………….
Agama                               : ………………………………….
Alamat                              : ………………………………….
Kelas/ Sekolah                  : ……. / ………………………….
2.      Identitas Orang Tua
Nama Ayah                       : ………………………………….
Alamat                              : ………………………………….
Pekerjaan                           : ………………………………….
Agama                               : ………………………………….
Pendidikan Terakhir          : ………………………………….
Nama Ibu                          : ………………………………….
Alamat                              : ………………………………….
Pekerjaan                           : ………………………………….
Agama                               : ………………………………….
Pendidikan Terakhir          : ………………………………….
3.      Komposisi Keluarga
Jumlah Anggota                : ………………………………….
Anak Ke                            : ………………………………….
Jumlah Saudara                 : ………………………………….
Status dalam Keluarga      : Anak Kandung/ Anak Tiri
4.      Kondisi Siswa
Tinggi Badan                    : ………………………………….
Berat Badan                      : …… Kg
Raut Muka                        : ………………………………….
Warna Kulit                      : ………………………………….
Warna Rambut                  : ………………………………….
Kebiasaan                          : ………………………………….
5.      Keadaan Kesehatan
Penglihatan                       : ………………………………….
Pendengaran                     : ………………………………….
Pembicaraan                      : ………………………………….
Penyakit yang sering dialami : ………………………………….

6.      Riwayat Pendidikan Siswa
Sekolah dasar                                : ………………………………….
Sekolah menengah pertama          : ………………………………….
Jarak rumah ke sekolah                 : …… KM
7.      Kegiatan Klien Siswa
Pagi Hari                           : ………………………………….
Siang Hari                         : ………………………………….
Malam Hari                       : ………………………………….
Waktu Belajar                   : ………………………………….
Pembibingan Belajar         : ………………………………….
8.      Cita-Cita                           : ………………………………….
9.      Tingkah Laku Siswa
Sikap Terhadap Guru        : ………………………………….
Sikap Terhadap Konselor : ………………………………….
Sikap Terhadap Teman     : ………………………………….
10.  Masalah Yang Dihadapi Oleh Siswa
·         ………………………………………….
·         ………………………………………….
·         ………………………………………….
·         ………………………………………….
Keterangan  :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
A.    Identifikasi Kasus
1.      Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan angket yang diisi dan lain sebagainya, maka penulis dapat mengidentifikasikan sebagai berikut :
·         Latar belakang Keluarga
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2.      Keadaan Fisik Dan Kesehatan
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
B.     Diagnosis
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Adapun alternative pemecahan masalah (problem salving) yang dapat penulis sebutkan antara lain :
1.      Untuk Siswa
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
2.      Untuk Orang Tua/Wali
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3.      Untuk Guru
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
C.     Prognosis
Dengan melihat indikasi dan mengetahui latar belakang di atas, maka dapat diperoleh
kesimpulan awal :
1)        ……………………………………………………………………………..
2)        ……………………………………………………………………………..
3)        ……………………………………………………………………………..
D.    Follow Up/Evaluasi
Setelah konselor tentukan alternative pemecahannya, maka beberapa bantuan yang dapat konselor lakukan yakni dengan cara sebagai berikut :
a)      ……………………………………………………………………………..
b)      ……………………………………………………………………………..
c)      ……………………………………………………………………………..

0 Comments:

 

This Template is Brought to you by : AllBlogTools.com blogger templates